Halaman

Selasa, 19 Agustus 2014

Pohon Burung II

Pohon bunga Sapu Tangan depan kampus ternyata disukai para burung..

Disini pastinya saya nggak mau bahas Foraminifera nggak.., saya mau lanjut ngetik yang ada sangkut pautnya sama "pohon" dan "burung".. ya kan gambar pembukanya udah pohon-burung-able

Terus terang sudah sedjak lama saya mendamba tentang konsep tulisan "pohon" dan "burung" ini, dan baru karena libur lebaran kemaren saya kepikiran buat nulisnya. Menggebu-gebu.!!

Sebenarnya cukup banyak pohon disekitaran rumah yang sebenernya dicinta oleh para burung. Via KUTILANG dan OM KICAU saya baru sadar tentang info berharga itu..

Pohon-pohon yang ada disekitaran rumah saya (dalam hal ini radius mungkin 100-an meter) diantaranya yaitu :
"Sengon, Kapuk, Nangka, Asem, Petai, Rambutan, Sawo, Mangga, Jambu, Buni,  Lengkeng, Duwet,  Sirsak, Turi, Pace, Jahe, lengkuas, Bambu, Kelapa (pastinya), Pisang-pisangan (pastinya juga), Melati, Mawar..dll

Banyak juga ternyata, dan itu belum semuanya..subhanallaah.., baru nyadar..

Nah,, dari berbagai macam jenis tanaman itu : pohon besar, buah buahan, semak-rerumputan, hingga bunga-bunga-an, memiliki daya tarik sendiri-sendiri untuk berbagai jeis burung yang berbeda-beda..

Saya baru tahu kalo ternyata sengon dan albasia itu memikat burung, ya sekedar sebagai tempat ngaso.Sawo dan Nangka ternyata kulit pohon yng retak-retaknya itu disukai banyak serangga, pastinya mengundang selera para pemakan serangka. Rerumputan ya pasti sebagai pendukung para burung membuat rumahnya, ya susuh bahasa jawanya. Sedangkan pohon atau bunga-bunga-an apalagi kalo bukan memikat dari madunya..

Adapun kolam yang pernah saya ceritakan di SINI dulu.. duluuuu.... masuk jatah langganan mampir burung Cucuk Urang (Halcyon senegalensis). #FYI Burungnya kecilparuhnya merah (atau berwarna pokoknya) panjang, dan gesit banget, terbang sat-set. Yaaa sejenis sama yang ada digambar bawah lah... Namanya Cucuk urang tapi makanannya ya ikan tetep hahaha...Keren kaan..??

Cucuk urang kalo lagi nyamber ikan Keren toh?

Lebih jauhnya, sila mampir ke postingan yang menjelaskan tentang pohon-burung anatara lain ya via blog KUTILANG seperti yang saya baca, DISINI dan DISINI.

Btw saya lagi kepincut pengen nanam DAMAR.!! DAMAAR... hahah *bisa numbuh nggak ya?

*pict pohon sapu tangan hasil jepret memori kuliah
*pict burung cucuk urang dari :
*trims untuk kutilang.or.id dan omkicau.com

...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar