Halaman

Minggu, 28 Februari 2016

Dimulai dari Nol


“Hingga pertengahan Oktober 2005, perusahaan pemerintah, Pertamina, merupakan satu-satunya perusahaan yang mendirikan SPBU di Indonesia”. (wikipedia)

Kok ada kutipan segala? Hubungannya apa mas? Idul fitri?..

Sik siiik...sbentar.. sebentaaar...  Ini catetan dari tulisan saya sebelumnya yang ini ...

Saya ndak ada kekhawatiran sama sekali Saat Susi saya pasrahkan lubang tangkinya terbuka ke bapak-bapak untuk isi fulltank di SPBU ini, begitupun dengan Dimas (kayaknya sih). Susi dan Mbit langsung menyesuaikan antrian dan kami memang berada di nozzle pompa yang berbeda.

berharap yang jaga nozzle mbak mbak kayak gini...eaaaak..
Atau mbak ini.. eeeaaaaaaaaaaaaak... *dikeplak


Sewaktu ngantri saya langsung cek isi tangki susi, dan nampaknya memang masih full, wong baru isi beberapa hari yang lalu dan jarum bensin juga masih nunjuk “F”.
Duh, kadung antre..” : Batin saya.

Sempet niat mau ndak usah isi saja, tapi akhirnya saya isi juga, paling 5000-an juga sudah full. YAQIN. Saya memang juga niat sekalian mau test Fuel Consumption (FC) Susi yang sudah semakin remaja di usia yang 16 tahun ini.

Kebetulan yang ngisi didepan saya adalah bapak bapak pake motor bebek. (entah pakai gentongan apa tidak saya lupa). Selesai si bapak, Susi langsung saya siapkan, buka tutup tangki, cairan warna kuning khas  premium masih keliatan.

 “Yaqin, gak sampe 5000 ini pasti udah full”. : Batin saya yang mulai terbawa kesinetron sinetronan.

Kebetulan bapak yang jaga juga sigap dan langsung nanya

Berapa Mas?” : tanya si Bapak

Full pak.. hmmm... paling limaribuan “ : jawab saya

Tangan si bapak langsung cekatan, masukin nozzel ke tangki Susi, itupun saya lihat sudah langsung kena bensin yang didalam.

Nah ini... inniii.... si bapak kok ndak ngasih kode “Dari nol ya mas...” sebagaimana layaknya pelayanan isi bensin perusahaan plat merah ini. Saya secara reflek langsung liat ke pompa sebelum nozzle mulai ditekan.. Lho? Kok udah 15.000 aja itu di keterangan pompa? Hmm.....

Baru aja ditekan itu nozzle, tak berapa lama bensin langsung tumpah, karena memang kondisi juga full dari awal.  Tapi si bapak tetap berusaha full tank. Benar benar full tank. Bensin ngepress bibir tangki.

Itung-itungan FC bakal enak ini” : pikir saya.

Karena pastinya kapasitas tangki Susi sebesar 3,7 liter terisi sempurna. Tinggal itung aja berapa km Susi bisa jalan dengan setangki full premium. JOS! Tangki saya tutup, giliran bayar. Saya bayar memakai uang 50-an ribu. Dengan angka di pompa tertulis 18.000. berarti saya cuman isi Susi dengan premium 3000 rupiah saja. Karena 18.000 - 15.000 = 3000, ya to?

Ini mas kembaliannya 32.000 “. : Kata si bapak.

hmmmm...(ada yang salah iki)..Ya Pak.. ” saya jawab sekenanya.

Saya  langsung ambil kembalian, dan taruh di saku, dan saya dorong Susi hingga di depan pompa, untuk melanjutkan antrean belakang. Karena masih cukup pagi, sehingga antrean di belakang juga mulai ramai. Sementara itu, Dimas sudah selesai ngisi Mbit dan sudah berada di depan Susi.

Sik Dim, tak nggenahke” : Saya bilang  ke Dimas.

Saya balik lagi ke si bapak, dan..

Pak, maaf, ini kembaliannya tadi kurang, itu tad...

Belum selesai saya ngomong, dengan niat mau njelaske tentang angka yang sudah kadung ke-set di angka 15.000 di awal, si bapak langsung membalas dengan...

MAAF YA MAS.., itu kembaliannya sudah bener, ini pompanya gak bisa di nol-kan, mulainya di 15.000, jadi itu sudah pas !”. Kata si bapak dengan nada agak meninggi.
Bapak yang sedang dilayani sempat nengok 2x ke arah saya dan ke arah si bapak pompa.

Woooo lhaaaa.. somplak!!!

Untung saat itu masih pagi, walaupun belum sarapan nasi, saya masih bisa nahan emosi. Saya juga masih lihat antrean dibelakang yang masih mengular, dan juga nggak mau debat kusir pagi-pagi  dengan penjaga pompa karena pastinya si bapak bakal nggak mau kalah kalo dilihat dari raut mukanya, maka dengan nada yang sama akhirnya saya balas dengan :
OKE PAK, MAKASIH !”. Sambil saya nglengos balik, langsung stater Susi, bleyer dikit, GAS!

Rugi bandar 15 ribu” : batin saya (mulai tersinetron lagi).

Karena harusnya kembalian saya ya 50.000 – 3000 = 47.000. Lha ini kok kembalian cuman 32.000, berarti saya ngisi total 18 ribu dong!! Masak iya nozzel baru nangkring sudah 18ribu.. 

Gundulmuuuu!!!

Dimas sempat nanya mungkin karena mendengar percakapan saya tadi. Saya cuman jawab “Wis Rapopo..” sambil lanjut nge gas Susi keluar SPBU.

Tapi emosi tetep gak bohong, walaupun sempet dihibur selisipan dengan R1200GS, tapi selama sekitar 3/4km pertama tangan saya masih bernada emosi di handle gas Susi. Dimas sempat ngilang dari spion Susi. Baru setelah saya berusaha dengan ikhlas....

Yowislah, sing uwis yo uwis....” gas Susi berjalan kalem dan tenang. Kamipun jalan dengan nyantai beriringan.

Biasanya saya memang gak begitu “Ngeh” dengan sapaan “Dimulai dari nol ya maas..” Karena itu memang sapaan yang khas setiap kali mampir isi bensin. Sehingga saya juga hanya njawab sekenanya “Yaa mbaaak/maaas...” sambil dimesem-in sedikit dan nglirik penunjuk angka dan mbak/mas pelayannya.

Namun kejadian kali ini membuat kepercayaan saya terhadap pom bensin sedikit tercederai. Saya yang biasanya dan selam ini sudah sepenuh hati percaya kepada perusahaan yang sempat pake logo kuda lumping laut ini harus mulai membangun kepercayaan itu lagi. Susah lho membangun kepercayaan.. apalagi kalo dihubungkan perasaan...halah..

Kedepannya, ini menjadi pembelajaran bagi saya agar tetap waspada dan lebih memanusiakan manusia dengan memperhatikan pelayanannya terutama untuk kasus ngisi bensin yang seolah sepele namun krusial karena itu kegiatan yang pasti dilakukan berulang ulang.

Jadi.. apakah sudah pernah ada yang mengalami sama seperti saya?..


Ket Gambar :
1. kusnantokarasan.com
2. orongorong.com


Nb : 
Buat para pengelola SPBU jangan karena menjadi yang terbesar dan menguasai pasar kemudian pelayanan bab perminyakan menjadi diabaikan. Karena diabaikan itu melelahkan dan dongkol di hati lho. CIYUS!

Nambah : 
eh iya, hasil itung itungan ternyata di umurnya yang 16 tahun Susi masih sangguh jalan-jalan 5m km/liter premium lho.. tentu ini untuk ukuran jarak jauh. Lain kali akan saya coba itung itungan untuk penggunaan harian.


Salam syuuper..








1 komentar:

  1. wah mas awas harusnya lebih awas lagi yah,, nice info gan saya kalau ngisi g pernah perhatiin angkanya,, tau tau dah banyak aja ,,, *horangkayah

    BalasHapus