Halaman

Senin, 18 Mei 2015

Meninggalkan yang Baik


Setiap ada permulaan maka pasti ada akhirnya.. tapi saya ndak mau mbahas yang gitu gitu Muehehehe..

Pernah jadi anak kos? Nginep di hotel? Losmen? Motel? Atau dikosan temen? Belum pernah? Rumah temen wistoh? Kalo belum pernah mungkin ­situ golongan kebuangeten...

Alangkah beruntungnya saya dilahirkan oleh bapak dan mamak saya yang walaupun ndak bisa dibilang orang yang disiplin buanget sampe kaya bapak-bapak tentara disono-sono noh.. tapi bapak-mamak saya ini sungguh menghargai kedisiplinan.. *sun bapak-mamak..

Dimulai dengan kedisiplinan, saya sedikit demi sedikit diwarahi untuk hidup bersih..

Lho, apa hubungannya Mas?

Ada dong! Pokoknya ada! Terserah saya pokokmen.. kalo dirasa kok ndak nyambung coba dipikirkan lagi.. pasti nemu...

Ada yang kosannya gini? bajindul! KEREN!!
Disiplin dalam kamus hidup saya dimulai dari pas bangun tidur dimana saya sudah diajari nglempit selimut/sarung yang biasanya dibuat kemul. Kemudian dilanjut ke kamar mandi untuk ritual buang racun dilanjut dengan wijik dan sebagaimana biasa dipampang di toilet umum “SIRAMLAH AIR SENIMU SAMPAI BERSIH” juga ndak lupa memposisikan gayung dengan telungkup setelah selesai menggunakannya hal itu berlanjut untuk kegiatan selanjutnya.. Baca buku tatakrama saja, cerita saya ini biar ndak moler-moler kedawan... oke?

Nah kebiasaan-kebiasan yang diturunkan oleh bapak mamak saya sepertinya (bukan sepertinya tapi yaqin, haqqul yaqin) kebawa sampai saat ini, dimana posisi saya masih menjadi anak kosan..

Ini surhat Mas? Ciyus?

Biarin... Jadi gini, Saya kok begitu gerah kalo di kosan melihat barang pating slengkrah.. Ndak sreg gitu deh. Sebenernya ndak Cuma kalo dikosan, dimana saja njuk kebawa-bawa. paling nggak sprei ya dirapi-rapi lah kalo dikosan.. Meskipun saya bukan ahli ndekor ruangan, tapi seenggaknya kalo melihat barang yang ditata perasaan saya menjadi lebih plong, walopun cara menatanya ya cuman sekedar ditumpuk. Kesan yang ringkes saya suka betul..

Lha itu dikosan temboknya gitu Mas?

Hiasan tembok pating trempel kalo saya mungkin masih okelah, asal jangan sawang atau bahasa bakunya jaring laba-laba.. tapi kalo lantai NO WAY! Mungkin saya terlalu kebawa-bawa emosi sesaat, mungkin. Mungkin juga karena sewaktu kecil rumah belum diporselen, sehingga ketika saya ngekos dan nemu lantai porselen yang kalo di tv pasti digambarkan dengan lantai putih bersih tanpa noda wangi cemara, dan suci dimana-mana juga kesan adem, CATET : adem! Sehingga saya malah jadi sok risih ketika menemukan lantai porselen yang kotor, mungkin..

Karena itu, nyapu menjadi hal wajib yang dilakukan di kosan. WAJIB. Begitu pula ketika saya akan meninggalkan kosan. Semua saya tata dulu, bersihkan, dengan harapan ketika nanti saya balik kosan, entah untuk berapa lama saya pergi, saya siap disambut dengan isi kamar yang rapi, bersih, wangi kalo bisa, sehingga ndak perlu repot-repot ndadak nyapu dulu. Kan capeknya dobel.Jadi kalo cuapek bizanget tinggal ngglebag saja bisa.. Ya apa ndak sih?

Begitu pula kalo saya nginep, nginep dimanapun. Saya akan usahakan untuk mengembalikan apa yang saya pakai pada kondisi semula, bahkan kalo bisa lebih rapi, karna saya ndak tahu entah kapan tapi mungkin saja toh saya bakal kembali ke tempat itu lagi?

Bukankah yang rapi itu lebih enak disawang?
*gambar dari google

ditulis dengan sepenuhnya surhat, salam..


 

...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar