Halaman

Senin, 14 Maret 2016

Tentang Susi

Lets the long Susi story begin...

Setelah teronggok tak berdaya, haus kasih sayang, berdebu dan ber”sawang” jadi rumah onggo-onggo  saya putuskan untuk meninggalkan Saprol dan beralih kepada Susi.

Susi adalah montor kenang-kenangan Bapak yang untuk pertama kalinya menjajal arisan dealer tahun 2000. Saat itu saya hanya tau dari brosur bahwa JIALING menjadi motor yang berdesain owsem dibanding honda astrea star item-ijo tahun 96 yang menjadi kendaraan andalan bapak wira-wiri nganter kami sekeluarga.

Neng Susi

Entah bejo atau memang bapak tahu jika merk “HONDA” jauh lebih mentereng dibanding “jialing” yang saat itu merasuki pikiran saya lewat brosur yang entah dari siapa kok ya mampir dirumah kami... Itu pasti konspirasi..

Apik iki Pak, iki yo apik Pak” seloroh saya, sambil nunjuk nunjuk motor yang kala itu bermodel seperti Astrea Grand dan Supra... Saya inget betul, soale memang waktu itu saya naksir berat sama Jialing. Sorry lho..no offense...

Dan seperti biasa, bapak hanya meng-iya-in omongan saya kecil.. Itupun tiap malem sebelum belajar, saya wajib nyawang brosur jialing itu. Kesengsem ceritanya.

Singkat kata bapak akhirnya dapat arisan daaaaaan... diambillah Susi item mulus, dibawa kerumah dianter pick-up dan JENJEEEEENGGG... sak omah mesam-mesem bahagiane poool...


Saya yakin seyakin yakinnya, mamak saya yang ndak paham motor sama sekali pun saat itu kalaupun boleh sombong pasti :

Ikii lhooooo montor supraaaakuuuu... ngguaantheng-e jyaaaaan..” pasti gitu.. pasti.. hahaha

Susi adalah Supra X tahun berakta lahir 2000. Dipersenjatai dengan bodi hitam diseluruh tubuhnya. Plisir/stiker yang ada ijo ijonya cakram depan dobel kaliper, sok belakang dobel dengan ulir yang disepuh krom. Rem belakang tromol,  berkaki jeruji dengan sepatu ukuran 2.50 depan  2.75 belakang, dan sein warna kuning klasik.

Supra Susi memang nggantheng bet saat itu.., tentu jika dibandingka dengan  Astrea star yang ada dirumah saat itu yang bentuknya relatif kotak-kotak dan kalo direm depan depan justru malah mumbul. Susi owsem banget. SUKAK.

Akhirnya Susi menjadi andalan baru bapak dan mamak mendapatkan warisan Star untuk menjadi glindingan mengantar 7km-an bolak balik ngajar.

"Susi  menjadi andalan Bapak bolak balik Jogja – Purworejo dan menghadiahkan bapak gelar S.Pd-nya di bidang pendidikan sejarah jepang."

Selama beberapa tahun dihandle tangan dingin Bapak, Susi tak jarang diajak menembus banjir jalan Jogja yang saat itu bisa mencapai setangah ban. Susi juga pernah ndlosor bareng bapak, seinget saya suatu kali ada ayam jago sruntulan yang nyebrang jalan tanpa nengok. Lurussss terus bablas nyebrang jalan...

Otomatis mak tlesep masuk roda depan Susi, dan sukses membuat Bapak dlosoran, hingga Susi berputar 360’ berbalik arah. Kejadian itu cukup membuat Bapak ngaso semingguan karena dari siku hingga bahu kegerus aspal. Alhamdulillahnya selain itu dan beberapa memar, bapak sehat wal'afiat begitu juga si Susi. 

"Dalam jeda ini si Manis hadir menemani bapak menjadi pengganti Susi, saya mulai berlatih motoran dan Star menjadi kenangan karena dijual. Duh dek."

Mas Adi menjadi penerus tampuk kepemilikan Susi mulai tahun 2006-an sejak diterima PTN di Kota Lumpia. Saat itu Susi sepenuhnya dikuasai Mas Adi mengaruhi jalur Purworejo – Magelang – Ambarawa – Semarang. Juga ngider disekitarnya, seperti Pekalongan, Demak, Temanggung, Banjarnegara, dan daerah di sekitar Kota Atlas sana.

Susi hasil kreasi Mas Adi semasa kuliah

Kala itu, demi mendukung anak kuliah yang tampil modis, Susi dipretel tebeng depannya.  Spion dipaksa sebelah, dan ditekuk kebawah.

Ben Awet, eman emang nek kegores” begitulah kata Mas Adi. 

Dengan argumentasi seperti itu, meskipun bapak dongkol karena dianggapnya wagu, namun lokasi Susi yang nun jauh disana tanpa pengawasan Bapak ... bapak bisa apa..?  Mas Adi menang telak.

"Tebeng depan Susi dalam waktu ini mulai modal madul. Yu Know lah kualitas plastik ngondaa.. tipis, ringkih dan tentu gampang pethil."

Susi juga menjadi saksi bisu ketika Mas Adi dikeok bebek lain ber-cc yang lebih besar dijalur Purworejo – Semarang, trayek yang sesungguhnya kekuasaan Mas Adi. Tanjakan Ngargoyoso Magelang dan kontur jalur yang naik turun, memaksa Susi diasapi bebek lain dan motor sport lain.  

Puncaknya ketika si sulung-nya Pak Lik juga nututi Mas Adi kuliah namun di PTN lain, di Kota Lumpia juga. Susi di keok Kawasaki Blitz R-nya sepupu. Mas Adi terdiam membisu menyaksikan motor andalannya menjadi buli-bulian disetiap tanjakan.

Sang tersangka, Kawasaki Blitz R

Susi dipensiunkan dari Mas Adi sekitar tahun 2008-an ditandai dengan diserah terimakannya kunci Si Manis piaraan bapak ke Mas Adi. Dengan Susi yang dirumah, maka kadang kala Susi menjadi media berlatih saya motoran bersama bapak. Manis kemudian menjadi andalan Mas Adi, dan gantian Blitz-R dikepret balik oleh Mas Adi dengan si Manis. HAHAHAHA...

"Bapak gantian pake Susi. Dan hadirlah Empit menemani saya."

Susi kemudian langganan dongkrok di rumah, hanya sewaktu waktu saja dipakai mamak, karena mamak lebih banyak nyepeda onthel, dan Bapak berpaling dengan Hadirnya Saprol tahun 2010. Mesin 125cc saprol sukses membuat bapak kepincut

Susi terpuruk nganggur di rumah. Meskipun juga tentunya beberapa kali dirawat seperti misalnya ketika Bapak mulai kepingin Susi dimake over, dan diboronglah satu set sayap Susi versi kw grade skian-skian-skian, dengan mahar 70rb dan tukar tambah set sayap Susi yang sudah berantakan pating klether. Ganjalan saya saat itu adalah slebor belakang Susi yang terkesan mblesek ke dalam. Wagu, jyan. Namun dengan kondisi seadanya Susi masih mampu menemani bapak-mamak ke pasar. Atau sekedar sebagai pengganti si Manis, nganter bapak ngantor.

Slebor kw super, super abal-abal. dan slebor yang mblesek

Sayap Susi kw super amburegul ini masih awet hingga sekarang. Berstatus kw super abal abal ditandai ketika disiram air, baik sewaktu kondisi panas/dingin muncul bintik putih pating clenong sekujur sayap Susi bagian dalam. KUALITAS AAAPAA INIII... !!!

"Hingga datanglah pak dhe/siwo dari Lampung sana kerumah simbah. Pulang kampung ceritanya."

Nganggurnya Susi lalu diberdayakan menjadi motor angkut angkut. Angkutan panen padi, motor offroad karena lokasi rumah simbah yang sungguh offroad-able. Tercatat :Tebeng sayap kw super pun sakses semakin ancur.  Ganti sok belakang. Mika lampu utama depan diganti model supra tahun baru yang ada semacam reflektor yang owsem dan lain lain. Miris, walaupun pakdhe tetep sigap soal ganti oli.

Susi nganggur lagi ketika pakdhe-budhe balik Lampung. Ditinggalkan dengan kondisi rem depan seret-e ra gejamak, gir set luancip luancip, jeruji geal-geol, bodi pating kriet, seal oli rembes-bocor, dan segenap masalah lain yang mendera.

[bersambung...]
[eh, gak jadi ding, lanjut aja....]

"Lalu dengan segenap cahaya dibelakang,  muncullah tangan saya meraih Susi yang tersisihkan. HALAH."

Restorasi dilakukan bertahap. Hingga sekitar akhir tahun 2015  dimulailah :
ganti ban CHECK!
kabel speedometer koit, GANTI!
cek kelistrikan, TOKCER!
cek aki, TOKCER!, 
cek bensin, ISI!
Cek seal kick stater, GANTI!
Cek oli, GANTI!
Cek kampas rem, MAKNYUS!
Cek cakram, 200ribu!!! :(
Gear set, NTAR DULU!
Kok banyak...hmmm....

Berangkat benerin cakram, noted : slebor masih mblesek

Susi saya boyong mengaruhi Jogja – Solo hingga Kabupaten yang femes ber-Bledug Kuwu ini.

Tentu dalam perjalanannya Susi juga kembali, rewel, maklum lagi beringas-beringas-nya, 15 tahun jhe! GADIS !

Susi masuk bengkel di Solo

Seal persneleng tercatat rembes oli, ternyata satu set dengan seal magnet juga, bongkar, GANTI!  Dengan kondisi perbaikan disana sini, Susi masih sangguh meraih 100 kpj on speedo. Itu belum sambil nunduk nunduk. Bayangin kalau saya pethakilan le nge-gas Susi sambil njengking.. Susi pasti masih sangguh 110 kpj on speedo

"Bayangkan, , 15 tahun+, 110 kpj on speedo tjuuy.. OWSEM.!"
Coba Numpak Susi pake gaya begini.. Situ tak salip ngondek!

Susi kembali ngambek, ketika gear-rantainya mulai dorce. Padahal saat itu sedang melintas tengah sawah bareng Dimas, boncengan, bawa peralatan lenong.

Saya putuskan balik dengan rantai Susi pating krecek,. Wis swarane ranggenah blabar blas..

Dimas sempat was-was minta dituntun saja. Saya tetap ngotot, dinaiki boncengan.

“nek wis wayahe pedhot, ya pedhot wae ngko tinggal nyurung” begitulah prinsip saya.

Alhamdulillahnya Susi masih sanggup nganter hingga bengkel terdekat sekitar hampir 1 kilo-an. Dan diganti dengan gear-set abal-abal lagi. 100 ribu lengkap. Itupun 2 bulan lalu, dan saat ini dengan sukses mulai dorce. Oh Susi nasibmu.

Hasil berburu gear set KW SUPER ABAL ABAL. Hahahaha

Susi kembali ngambek ketika saya pakai mudik. Setelah lancar mengaruhi Kopeng - Ketep, tepat di pertigaan Borobudur mogok mati-ti. Busilah penyebabnya.

Seal persneleng Susi juga rembes lagi diumurnya yang baru dua mingguan . kayak tabloid aja dwi mingguan...

Sekalian mampir jogja, Susi saya serahkan di AHASS Jakal Km 8-9-an. Tepat kiri jalan dari selatan sebelum bangjo kalo kebarat ngarah ke Denggung, Sleman. Agak mahal asal beres dan rapi tak apa. INI DEMI SUSI YANG LEBIH BAIK! TEKAD.

Cilakanya servis disana ternyata pelayanannya amburegul pisan. Setelah diperiksa, seal magnet kembali menjadi penyebabnya, dibongkarlah lagi bak magnet Susi. 

"Perlakuan  Mas Mekanik AHASS membuat hati saya pilu."

Saya melihat mekanik yang berkumpul diSusi jadi penasaran. Eeee.. ternyata pembongkaran dan pemasangan bak magnet kiri susi tanpa disertai dengan buka cover bodi samping Susi. Padahal cover gear depan juga harus dicopot.


Maka dengan asal mas mekanik-yang-saya-tidak-tahu-namanya ini  menarik-narik merenggangkan bodi 15 tahun-an Susi demi memasang bak magnet dan cover gear yang tak kunjung bisa pas dan sreg, karena selalu nyantol rangkaian dudukan footstep belakang. JINDUL!

"Yang PAS dan SREG emang susah didapatkan kok mas, saya tahu itu."

Disela ke khawatiran saya terhadap Susi, saya menyarankan untuk buka bodi samping susi dan wooooo...tidak digubris. Mangkel Aku. SYEM.

Namun akhirnya bisa juga setelah serangkaian proses tarik menarik dan diongkek-ongkek itu. Hati saya masih pilu.

Ada kontra tentu ada pro-nya. Hasil pemasangan seal dari tangan mekanik AHASS masih sukses membuat Susi kering bawahannya. Makasih mas, etapi saya bayar lho, Ora gratis!
"Trimakasih AHASS"
Kini dengan usianya yang menjelang 16 tahun, Susi saya harap masih setia menemani keluarga kami. Motor model paling modern di jamannya, mengubah jaman motor bebek honda dengan shock teleskopik dan rem cakram sebagai peranti keamanannya.

Hasil bersolek, slebor belakang kembali standar, semuaaa standaar...
Sempat ada wacana JUAL! JUAL! JUAL! Dari bapak karena Susi sudah cukup berumur, mampu saya redam. Biarlah kini saya yang bernostalgia diumurnya yang menginjak gadis ini.

Odometer yang sudah muter balik lagi dan kini kembali menginjak angka 47-an ribu km menunjukkan Susi sudah cukup lama berkelana mengarungi berbagai model jalanan..



Mejeng bersama Dimas di daerah Salatiga
Bersama Kak Ali di Waduk Tempuran Blora
Ada yang pesen ikan bakar?

So, Susi... Welcome back Miss. Let start our story together...










Read More »